TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Efek Negatif Sering Tak Sarapan Bagi Kesehatan, Dampaknya Ngga Main-main

Efek Negatif Sering Tak Sarapan Bagi Kesehatan, Dampaknya Ngga Main-main
Ilustrasi. Sarapan pagi.

TAJAM.net - Sarapan adalah aktifitas pagi yang seringkali banyak diabaikan sebagian besar orang. Entah karena memang tidak ada waktu atau karena memang tidak suka ribet meyiapkan aktivitas tersebut dikala pagi hari.


Padahal, sarapan memiliki fungsi untuk menopang kesehatan tubuh saat memulai aktivitas keseharian. Sarapan bisa menjadi sumber energi pertama yang diterima tubuh setelah beristirahat di malam hari.


Namun, faktanya masih banyak orang yang melalaikan kebiasaan positif ini. Padahal, ketika kebiasaan baik ini sering ditinggalkan bisa memicu efek negatif yang membahayakan tubuh.


Banyak sekali yang tidak memahami bahaya yang akan diterima tubuh ketika terlalu sering mengabaikan sarapan pagi. Berikut ini adalah beberapa efek negatif yang harus menjadi perhatian agar kita mulai membiasakan lagi kebiasaan sarapan di pagi hari.


1. Migrain


Mengabaikan sarapan bisa menjadi penyebab turunnya kadar gula di dalam tubuh. Apabilan seseorang tidak sarapan pagi, maka secara otomatis tubuh akan melepaskan hormon hipoglikema yang memiliki fungsi untuk menjadi penyeimbang kadar gula yang mulai turun.


Nah, proses penyeimbangan inilah yang kadang disertai dengan efek negatif tak sarapan, seperti tekanan darah naik secara tiba-tiba serta menimbulkan migrain atau sakit kepala. Jika ini dilakukan secara terus-menerus, maka migrain yang dirasakan akan semakin parah setiap harinya.


Baca juga: Punya Masalah Radang Tenggorokan? Sembuhkan dengan 5 Herbal Mujarab ini


2.  Meningkatkan stres


Ketika tidak sarapan, kelenjar adrenal tubuh akan meproduksi hormon kortisol, yang sangat memegang peranan penting dalam mempengaruhi tingkat stres.


Seperti dikutip dari futureit.co.uk, sekitar pukul 7 pagi adalah tingkat paling tinggi dimana hormon kortisol diproduksi. Maka, akan menjadi sangat penting untuk sarapan pagi, agar kadar hormon ini bisa menurun.


Baca juga: Begini Cara Sederhana Cek Kesehatan Jantung Menurut dr. Firizkita


3. Memicu resiko alami serangan penyakit jantung


Dikutip dari laman situs stylercraze.com, seorang pria yang mengabaikan aktivitas sarapan pagi, memiliki resiko terserang penyakit jantung 27% lebih besar dibandingkan dengan seorang pria yang rajin sarapan pagi.


Tak hanya itu, mengabaikan sarapan pagi ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya hipertensi, yang akan menyumbat pada saluran arteri. Ditambah lagi, mengabaikan sarapan pagi bisa juga menajadi sebab seseorang mengalami peningkatan resiko kardiovaskuler kronis, termasuk juga didalamnya gejala stroke.


Ternyata melalaikan sarapan, efeknya begitu buruk dan bisa juga menjadi sangat berbahaya. So, masihkah kamu mau mengabaikan sarapan pagi setelah membaca informasi ini?



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close