TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Punya Masalah Radang Tenggorokan? Sembuhkan dengan 5 Herbal Mujarab ini

Punya Masalah Radang Tenggorokan? Sembuhkan dengan 5 Herbal Mujarab ini
Ilustrasi. Radang tenggorokan. (Dok. Alodokter)

TAJAM.net - Radang tenggorokan atau faringitis adalah penyakit yang kerap sekali muncul di sekitar kita. Kondisi ini sangat mengganggu, karena tenggorokan terasa nyeri, apalagi ketika digunakan untuk menelan makanan.


Bahkan, beberapa orang ada yang dibarengi dengan rasa pusing ketika sedang terserang radang tenggorokan. Tentunya hal ini bisa menganggu aktivitas keseharian.


Penykit ini biasanya disebabkan karena adanya iritasi, radang atau bengkak pada bagian faring. Sebenarnya penyakit ini termasuk penyakit yang bisa sembuh sendiri. Tentunya harus bersabar menahan ketidaknyamanan nyeri yang dirasakan di tenggorokan.


Namun, jika ditangani dengan tepat seperti mengkonsumsi herbal, akan membantu untuk memberikan kenyamanan serta membantu mempercepat penyembuhan.


Banyak sekali obat herbal yg bisa membantu meredakan radang tenggorokan yang bergejala ringan hingga sedang. Selain aman, obat herbal juga dinilai lebih sedikit menimbulkan efek samping sehingga tidak akan menimbulkan ketergantungan jangka panjang.


Dilansir dari Medicalnews Today, ada beberapa rekomendasi obat herbal mujarab untuk menyembuhkan radang tenggorokan, di antaranya adalah sebagai berikut.


1. Cuka Sari Apel


Di dalam cuka sari apel terdapat zat aktif asam asetat. Zat ini berfungsi sebagai antibakteri yang akan membantu meredakan gejala radang yang mengganggu.


Resepnya cukup simpel, siapkan 236 ml air hangat lalu campurkan dengan 1 sdm cuka sari apel. Anda bisa juga menambahkan 1 sdm madu untuk menambahkan khasiatnya. Lalu, mkinumlah rutin hingga gejala tersebut mereda.


Baca juga: Benarkah Es Teh Manis Bahaya Bagi Jantung? Begini Kata Dokter Spesialis Jantung


2. Berkumur Air Garam


Air garam dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan serta membantu proses pembuangan cairan kental agar segera keluar dari jaringan tenggorokan.


Air garam juga berperan sebagai antimikroba, sehingga bisa membantu mencegah sekaligus membunuh perkembangan bakteri yang menjadi penyebab faringitis.


Siapkan 236 ml air hangat lalu campurkan dengan 1 sdt air garam, aduk sampai larut. Gunakan cairan ini untuk gargling kurang lebih 30 menit. Ulangi cara ini setiap satu jam sekali hingga gejala radang berngasung mereda.


3. Madu


Tak bisa dipungkiri bahwa madu adalah obat herbal sapujagad. Di dalamnya terdapat zat antioksidan, antiinflamasi, serta antimikroba.


Konsumsi rutin madu, sangat efektif untuk membantu mengatasi peradangan. Padukan madu dengan air hangat, rempah-rempah atau cuka sari apel, lalu minumlah secara rutin. Rasakan berangsur-angsur nyeri tenggorokan akan mulai menghilang.


Baca juga: Hancurkan Lemak Tak Pernah Semudah Ini, Diet Turunkan Berat Badan Makin Mudah


4. Air Lemon


Air lemon sangat kaya akan Vitamin C. Selain itu juga kayak akan antioksidan yang bisa membantu melawan bakteri penyebab radang tenggorokan.


Selain itu, air lemon juga akan merangsang produksi air liur yang mana akan sangat membantu agar selaput lendir tetap dalam kondisi lembab, sehingga iritasi tidak berluas luas.


5. Teh Jahe


Sejak zaman dahulu, jahe sudah digunakan sebagai obat herbal berbagai macam penyakit, termasuk di dalamnya faringitis.


Banyak juga penelitian yang menyebutkan bahwa minum jahe secara rutin bisa membunuh sekaligus mencegah bakteri penyebab peradangan.


Resepnya, memarkan jahe kemudian rebuslah bersama dengan daun teh. Kombinasi herbal ini terbukti sangat mujarab untuk mengatasi peradangan karena kaya akan antiokseidan dan juga senyawa antiinflamasi.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close