TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Begini Cara Sederhana Cek Kesehatan Jantung Menurut dr. Firizkita

Begini Cara Sederhana Cek Kesehatan Jantung Menurut dr. Firizkita
Cek kesehatan jantung dapat dilakukan secara mandiri dengan langkah mudah.

TAJAM.net - Punya jantung sehat adalah impian semua orang. Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang ingin jantungnya bermasalah.


Namun, seringkali keinginan tidak sesuai dengan aktivitas di lapangan. Inginnya jantung selalu sehat, tetapi tidak pernah melakukan aktivitas yang mendukung ke arah tersebut.


Banyak faktornya, bisa jadi karena memang tidak tahu cara cek kesehatan jantung, atau bisa jadi karena memang sudah cuek sejak awal. Padahal kesehatan jantung itu sangat erat kaitannya dengan pola hidup sehat.


Hal senada juga diutarakan oleh dr. Firizkita Dewi, seorang dokter spesial jantung dan pembuluh darah. Ia mengajak agar masyarakat mulai menerapkan gaya hidup sehat yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Hal ini sangat berguna untuk mencegah serangn penyakit jantung yang bisa datang kapan saja.


"Mulai dari hal sederhana dengan menerapkan tujuh langkah kesehatan," ucap dokter lulusan Universitas Padjadjaran itu dalam sebuah forum diskusi virtual di Jakarta, Kamis (29/9/2022).


Beliau menambahkan, mengubah gaya hidup mulai dari hal-hal yang sederhana justru akan memberikan efek hyang lebih signifikan untuk menjaga kesehatan jantung seseorang. 


Tujuh langkah sederhana yang ia utarakan tersebut, ternyata juga merujuk kapada rekomendasi dari American Heart Association (AHA).Bahkan, saking sederhananya, langkah ini bisa dilakukan oleh semua orang mulai danak-anak hingga dewasa.


Apa saja tujuh langkah sederhana tersebut? Yuk cek infonya di bawah ini.


Baca juga: Benarkah Es Teh Manis Bahaya Bagi Jantung? Begini Kata Dokter Spesialis Jantung


1. Berhenti merokok


Jika kamu pecandu berat rokok, maka sebisa mungkin berhenti sesegera mungkin. Sebab asap rokok yang penuh dengan zat berbahaya, sangat tidak baik jika harus terhirup anak kecil.


2. Menjaga tekanan darah


Tekanan darah manusia normal ada dibawah angka 120/80 mmHg. Periksa tekanan darah kamu secara berkala. 


3. Memiliki berat badan yang ideal


Berat badan yang idel, akan membuat kinerja jantung lebih ringan. Agar jantung tetap sehat, kamu bisa menjaga indeks masa tubuh ada di bawah angka 25.


4. Menjaga kadar kolesterol


Agar jantung tetap sehat, maka kamu harus menjaga tekanandarah agar konsisten di angka 200 mg/dL.


Baca juga: Punya Masalah Radang Tenggorokan? Sembuhkan dengan 5 Herbal Mujarab ini


5. Menjaga kestabilan gula darah


Agar jantung tetap sehat, maka target gula darah harian harus berada di bawah angka 100 mg/dL.


6. Olahraga secara rutin


Olahraga dengan durasi 150 menit dalam satu pekan sudah termasuk efektif untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Kamu bisa melakukan olahraga rtuin yang ringan setiap hari, misal jogging atau sekedar jalan kaki.


7. Menjaga pola makan yang sehat


Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayura, gandum, ikan dan juga buah-buahan.


"Kurangilah konsumsi garam, gula, dan lemak jenuh," lanjut dr Firizkita.


Jantung adalah organ yang memiliki fungsi esensial untuk memompa darah yang berisikan nutrisi serta oksigen ke seluruh sel yang ada di tubuh manusia. Maka dari itu, Dr. Frizkita mengajak masyarakat agar lebih peka dengan selalu melakukan deteksi dini terhadap adanya serangan penyakit jantung.


Dr. Friszkita juga menambahkan bahwa masyarakat melakukan konsultasi terlebih dahulu, agar setiap orang tahu kondisi jantungnya saat ini. Dokter jantung akan menilai dengan sejumlah pertimbangan dari hasil pemeriksaan yang bisa dijadikan sebagai panduan awal untuk menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close