TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Danau Kawah Putih Ciwidey, Keindahan dibalik Letusan

 

Danau Kawah Putih Ciwidey
Danau Kawah Putih Ciwidey
(Dok. Ist)

TAJAM.NET - Bagi Kamu yang sedang berlibur ke Bandung, akan merasa kurang lengkap jika tak mengunjungi Kawah Putih Ciwidey, destinasi wisata alam favorit di Kota Kembang ini banyak disukai oleh pengunjung.

Kawah Putih Ciwidey menawarkan pemandangan kawah vulkanik berwarna putih kehijauan yang dilingkupi oleh batu kapur. 

Infomasi Danau Kawah Putih Ciwidey 

Berikut adalah informasi lengkap mengenai lokasi, harga tiket, dan daya tarik Kawah Putih Ciwidey:

1. Sejarah Singkat

Sekilas tentang Kawah Putih Ciwidey Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah wisata alam kawah vulkanik berwarna putih kehijauan dengan batu kapur yang mengelilingnya. 

Menurut situs Perhutani, kawah putih ini terbentuk akibat adanya letusan Gunung Patuha di kawasan Ciwidey.

Ketika mengunjungi Kawah Putih Ciwidey, pengunjung dapat menikmati pemandangan kawah putih yang sejuk dengan aroma pedesaan yang khas Priangan. Pengunjung juga dapat menikmati lanskap matahari terbit yang indah di saat fajar dan melihat gugusan galaksi bima sakti yang jelas di saat malam.

Berada di ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl, kawah Putih Ciwidey memiliki suhu berkisar antara 8-22 derajat celsius.

2. Lokasi

Lokasi Kawah Putih Ciwidey Kawah Putih Ciwidey terletak di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972.

Untuk menuju ke kawasan kawah putih, pengunjung dapat menggunakan ontang-anting. Kendaraan ini disediakan oleh pengelola sebagai transportasi menuju ke Kawah Putih.

3. Harga Tiket

Harga Tiket Kawah Putih Ciwidey Durasi kunjungan di Kawah Putih Ciwidey berpengaruh pada harga tiket yang dibayarkan. Berikut adalah rincian harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey dari laman Ciwidey Outbound:

Wisatawan lokal: Rp 30.000 per orang Wisatawan asing: Rp 81.000 per orang Tiket terusan: Rp 74.000 per orang (termasuk Ontang-anting, Sky Walk, Jembatan Apung) Tarif ontang-anting (pulang pergi): Rp 29.000.

4. Biaya Parkir 

 Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya parkir kendaraan dengan harga yang berbeda, yakni motor seharga Rp 8.000, mobil seharga Rp 15.000, dan bus seharga Rp 43.000.

5. Fasilitas 

Fasilitas Kawah Putih Ciwidey menyediakan fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung seperti toilet umum, musala, warung makan, parkir kendaraan, ontang-anting, guide lokal, shelter, spot foto yang instagramable, dan masih banyak lagi.

6. Jam Operasional 

Jam Operasional Kawah Putih Ciwidey Kawah Putih Ciwidey buka setiap harinya pukul 07.00-17.00 WIB.

7. Daya Tarik

Daya Tarik Kawah Putih Ciwidey Beberapa keindahan Kawah Putih Ciwidey yang menjadi daya tarik bagi pengunjung:

1. Danau Kawah Putih

Danau ini hasil letusan dari Gunung Patuha, berair putih jernih kehijauan dan dikelilingi oleh pasir putih dan riak asap serta sedikit letupan lumpur. Warna danau kawah putih bisa berubah-ubah menjadi hijau apel, kebiru-biruan, coklat susu, hingga putih kabut. Warna tersebut dapat dipengaruhi oleh suhu, kandungan belerang, dan cuaca di sekitar kawah putih.

2. Sunan Ibu 

Sebuah bukit di sekitar Kawah Putih Ciwidey, menjadi lokasi favorit pengunjung untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Pengunjung dapat menyaksikan dari puncak Sunan Ibu, pemandangan Kawah Putih berselimut hutan hijau nan rimbun. 3. Dermaga Ponton, 

Di tepi danau, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam danau vulkanik yang mengeluarkan asap dari dermaga kayu. Dermaga kayu ini biasanya hanya menampung maksimal 30 orang pengunjung dalam satu waktu. 

4. Skywalk Cantigi

Jembatan bambu sepanjang 500 meter yang diberikan tali tambang sebagai pegangan, berada di kawasan Hutan Cantigi, Perjalanan melalui jembatan yang unik ini memiliki kontur lembah yang naik turun dan dapat terhubung ke puncak bukit Sunan Ibu.

Demikian informasi lengkap mengenai Kawah Putih Ciwidey. Jangan lupa mengunjungi destinasi wisata yang memikat ini saat berlibur ke Bandung.

Advertisement
Advertisement

Advertisement

Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter