TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Berapa Lama Sebaiknya Nonton Film Online yang Baik Agar Tidak Kecanduan?

Berapa Lama Sebaiknya Nonton Film Online yang Baik Agar Tidak Kecanduan?
Ilustrasi. Aktivitas nonton film online juga bisa membuat efek kecanduan jika tidak dibatasi.

TAJAM.NET - Aktivitas nonton film online telah menjadi salah satu kegiatan hiburan yang digemari banyak orang, terlebih di era serba internet saat ini.

Kemudahan akses dan beragam pilihan film yang tersedia membuat aktivitas ini semakin menarik. Apalagi dengan hadirnya sejumlah platform macam link nonton LK21 yang kian memanjakan penikmat movie.

Namun, di balik kesenangan dan kemudahannya, nonton film online secara berlebihan juga dapat menimbulkan dampak negatif, salah satunya kecanduan.

Lantas, berapa lama sebaiknya nonton film online yang baik agar tidak kecanduan?

Berikut penjelasannya dalam artikel ini beserta saran terbaik agar kebiasaan streaming film di internet tidak mengubah perilaku dan mengganggu keseharian dalam hidup Anda.

Sebelum mengetahui anjuran durasi waktu yang disarankan, pahami juga bahwa ciri-ciri kecanduan menonton film online dapat ditandai dengan beberapa hal berikut, seperti:

  • Menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton film, bahkan mengabaikan aktivitas lain seperti pekerjaan, belajar, atau bersosialisasi.
  • Merasa gelisah atau cemas ketika tidak bisa menonton film.
  • Mengalami kesulitan untuk tidur setelah menonton film.
  • Mengabaikan tanggung jawab karena lebih memilih untuk menonton film.
  • Merasa "terbuang" ketika tidak menonton film.

Jika Anda mengalami beberapa ciri tersebut, penting untuk segera mencari solusi agar tidak terjerumus dalam adiksi atau kecanduan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Batasi waktu menonton film: Tetapkan batas waktu yang wajar untuk menonton film, misalnya maksimal 1-2 jam per hari. Gunakan timer untuk membantu Anda disiplin dalam menjaga waktu.
  • Pilih film yang sesuai: Pilihlah film yang sesuai dengan usia dan minat Anda. Hindari menonton film yang mengandung konten kekerasan, pornografi, atau yang dapat memicu emosi negatif.
  • Istirahatlah secara berkala: Lakukan peregangan atau aktivitas fisik lainnya setiap 30 menit sekali saat menonton film untuk menghindari kelelahan mata dan tubuh.
  • Lakukan kegiatan lain: Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan lain yang Anda sukai, seperti membaca buku, berolahraga, atau bersosialisasi dengan teman dan keluarga.
  • Cari bantuan profesional: Jika Anda merasa kesulitan untuk mengendalikan diri dalam menonton film, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, seperti psikolog atau terapis.

Menurut Dr. Rini, seorang psikolog klinis, kecanduan menonton film online dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

"Kecanduan ini dapat menyebabkan depresi, kecemasan, insomnia, dan bahkan obesitas," ujarnya.

Dr. Rini juga menyarankan agar orang tua lebih memperhatikan aktivitas anak-anak mereka saat menonton film online.

"Orang tua perlu membatasi waktu menonton anak dan memastikan mereka menonton film yang sesuai dengan usia mereka," tambahnya.

Berdasarkan data dari Lembaga Survei Nasional, sekitar 30% remaja di Indonesia mengalami kecanduan menonton film online.

Data ini menunjukkan bahwa kecanduan menonton film online menjadi masalah yang serius dan perlu diatasi.

Menonton film online dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Namun, penting untuk menjaga agar aktivitas ini tidak berlebihan.

Ingatlah bahwa kesehatan mental dan fisik Anda jauh lebih penting daripada menonton film online. Dengan menerapkan tips-tips di atas dan mengikuti saran dari para ahli, Anda dapat menikmati film online tanpa terjerumus dalam kecanduan.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close