TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

5 Pekerjaan Sampingan Tanpa Modal Tapi Bikin Cuan Tanpa Henti, Milenial Bisa Coba Buat Tambahan Uang Jajan

5 Pekerjaan Sampingan Tanpa Modal Tapi Bikin Cuan Tanpa Henti, Milenial Bisa Coba Buat Tambahan Uang Jajan
Ilustrasi. Waktunya menjemput kesuksesan sejak muda. Solusinya aktif mencari peluang, salah satunya dengan menjalankan pekerjaan sampingan.

TAJAM.net - Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh kalangan milenial di samping pekerjaan utamanya yakni sekolah dan belajar.

Pekerjaan sampingan tersebut bisa dijalankan guna mendapat penghasilan yang otomatis menambah uang jajan mereka.

Meski disibukkan dengan aktivitas sekolah dan belajar, namun sejumlah pekerjaan sampingan ini dijamin tidak bikin ribet.

Pasalnya, ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa dijalankan secara fleksibel.

Bahkan, menariknya di antara sekian banyak jenis pekerjaan sampingan itu tidak memerlukan modal. Adapun yang butuh modal hanya yang bersifat pengadaan produk atau barang.

Sedangkan untuk bisnis berupa jasa bisa mereka lakukan jauh lebih mudah lagi karena tidak hanya tanpa modal, tetapi juga peluang luasnya market bisa untuk menjaring konsumen.

Lantas, apa saja jenis pekerjaan sampingan yang cocok dikerjakan oleh para milenial? Simak selengkapnya di bawah ini.

5 Pekerjaan sampingan untuk milenial

Redaksi TAJAM.net merangkum dari beberapa sumber, di mana setidaknya ada 5 pekerjaan sampingan yang bisa bikin cuan, sekaligus solusi bagi kalangan milenial untuk meraup pundi-pundi.

Di mana pundi yang didapat bisa menjadi tambahan uang jajan mereka sehingga tidak selalu harus bergantung ke orangtua terus-menerus untuk kebutuhan lifestyle mereka.

Jika kamu termasuk di antaranya, maka silakan pertimbangkan lima jenis pekerjaan sampingan yang barangkali bisa kamu jalankan untuk mendulang cuan.

1. Buka layanan jasa desain grafis

Rekomendasi pekerjaan sampingan yang pertama adalah membuka layanan jasa desain grafis. Meski begitu, jenis pekerjaan ini sangat disarankan memang bagi yang memiliki keahlian tersebut.

Karena jika tidak, hasilnya tentu tidak akan maksimal. Terlebih kaitannya dengan kepuasan klien terhadap hasil kerja.

Namun saat ini ada banyak tools yang kian memudahkan pekerjaan desainer, seperti menggunakan aplikasi atau AI yang bisa menghasilkan desain dengan cara cepat dan mudah.

Selain itu, jenis pekerjaan ini juga banyak dibutuhkan orang. Sehingga seharusnya tidak sulit untuk menemukan klien sekaligus mendapat orderan.

2. Jasa ketik online

Rekomendasi kedua ada jasa ketik online yang juga cocok dijalankan sebagai pekerjaan sampingan. Hal ini karena jasa ketik relatif lebih mudah dijalankan, bahkan tanpa harus modal kecuali peralatan yang mendukung pekerjaan.

Jasa pengetikan ini biasanya dibutuhkan oleh klien yang sibuk untuk mengerjakannya sendiri dan menyerahkan pekerjaan kepada penyedia jasa.

Proses promosi untuk mendapatkan orderan juga bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan internet, seperti media sosial, marketplace, dan website khusus freelance.

3. Jadi dropshiper produk laris

Dropship adalah berjualan dengan tanpa mengharuskan pedagang untuk membeli/kulakan produk lebih dahulu.

Penjual hanya perlu mengunggah foto atau video sebagai bahan promosi, lalu memprospek calon konsumen dengan metode telemarketing.

Bagi yang berminat menjadi dropshiper (sebutan untuk yang menjalankan dropship), sangat disarankan untuk memilih produk laris.

Hal itu agar penjualan tidak kesulitan melakukan proses pemasaran karena produk memang sudah memiliki konsumen yang loyal.

Tugas kalian hanya tinggal meniru pola yang sama, tentunya dengan menambahkan unsur kreatif dalam berjualan agar meraih hasil lebih maksimal.

Rekomendasi pekerjaan sampingan milenial
Ilustrasi. Bisnis online bisa dijalankan siapapun, termasuk anak-anak muda yang masih aktif sebagai pelajar sekolah.

4. Jadi reseller produk paling dicari

Kemudian sistem reseller, bedanya dengan dropship adalah penjual perlu membeli atau melakukan pengadaan barang terlebih dahulu sebelum menjualnya kembali dengan harga dia.

Artinya, reseller bisa menjual produk tersebut dengan mengambil margin harga dari pokok yang ia keluarkan saat pengadaan tadi.

Dan tetap disarankan untuk mencari produk paling dicari agar mudah proses menjualnya. Salah satu contohnya adalah produk-produk herbal, kosmetik, maupun makanan.

5. Freelance marketing

Pada dasarnya semua jenis pekerjaan di atas mengharuskan untuk memiliki skill marketing. Namun pada poin kelima ini justru lebih spesifik pada profesinya yang fokus pada kegiatan pemasaran.

Dan kalian tidak perlu memikirkan konsep dropship atau reseller untuk sistem yang cocok dijalankan. Karena freelance marketing memiliki cakupan yang lebih luas pada segala jenis produk.

Bagi pelajar sekolah, tidak ada salahnya untuk menjadi freelance marketing pada jenisnusaha seperti properti, produk digital, dan lain sebagainya. Yang terpenting fokus mereka untuk jualan tidak boleh mengganggu kewajiban utama yaitu belajar.

Itulah kelima daftar pekerjaan sampingan yang bisa menjadi alternatif mengisi waktu luang.

Dengan kata lain pekerjaan tersebut hanya bersifat untuk mengisi waktu yang masih tersisa selain kesibukan belajar dan bersekolah.

Syukur jika dijalankan dengan serius akan mendatangkan keuntungan tersendiri, sehingga bisa menambah uang jajanmu.

Bahkan, jika sudah tahu polanya, bukan tak mungkin pekerjaan sampingan itu akan menjadi sumber cuanmu dalam jangka waktu yang lama.

Selain kelima jenis pekerjaan di atas, sebenarnya masih banyak opsi lain yang bisa dikerjakan. Namun seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa menemukan sendiri jenis pekerjaan mana yang nyaman dan cocok sesuai keahlianmu.

Jangan pernah berhenti untuk mengeksplorasi diri, ya! Demikian artikel kali ini. Nantikan tips, trik, dan rekomendasi bisnis untuk milenial pada artikel selanjutnya.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close