TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Interlock Futsal: Pengertian dan Jenis-jenis Lantai Lapangan Sepak Bola Mini

Interlock Futsal: Pengertian dan Jenis-jenis Lantai Lapangan Sepak Bola Mini
Lapangan futsal berbahan interlock dinilai memiliki ketahanan dan awet dalam waktu yang lama.

TAJAM.net - Futsal menjadi salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Hal ini seiring banyaknya fasilitas penunjang berupa lapangan yang memadai.

Dengan banyaknya klub-klub futsal lokal turut mendukung keberadaan dan eksistensi pengelola lapangan dalam menjalankan bisnis penyewaan.

Namun, terkadang kendala seperti mahalnya perawatan lapangan juga dialami pebisnis, alih-alih membuatnya, ternyata merawat pun tak kalah rumitnya.

Apalagi jika minat sewa yang rendah tentu akan memberatkan operasional dari bisnis penyewaan lapangan futsal tersebut.

Namun, tahukah Anda jika sebenarnya ada langkah strategis yang bisa dilakukan oleh pebisnis agar manajemen persewaan lapangan futsal bisa tetap berjalan tanpa harus memberatkan pengeluaran.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memilih jenis lapangan yang tepat, seperti kualitas yang dapat bertahan lama, hingga mudahnya proses pasang dan bongkar yang tidak sulit untuk dilakukan.

Di antara sekian banyak jenis lapangan futsal, mungkin jenis interlocking menjadi satu yang paling direkomendasikan di samping jenis karpet rumput sintetis.

Pasalnya, lapangan interlock futsal diklaim lebih awet dan tahan lama, serta tidak memerlukan biaya pembuatan dan perawatan yang tinggi. Dengan begitu pengeluaran dapat terkontrol sehingga tidak merugikan pihak pengelola.

Lantas, apa sebenarnya interlock futsal itu? Mari simak hingga tuntas agar lebih memahaminya. Karena artikel ini menjelaskan tentang pengertian dan jenis-jenis interlock futsal sebagai solusi pembuatan lapangan futsal yang relatif terjangkau.

Pengertian interlock futsal

Dilansir dari Kontraktorfutsalindonesia.com, pengertian interlock futsal adalah jenis lantai futsal yang terbuat dari bahan berkualitas, yakni Polypropylene.

Interlock futsal juga dinilai memiliki keunggulan dibanding jenis lapangan lain karena fleksibilitas yang diberikan dapat membuat gerak pemain menjadi lebih cepat.

Bahan yang digunakan juga disebut dapat bertahan dalam waktu yang lama. Hal ini tentu dapat menghemat pengeluaran pengelola dalam merawat lapangan.

Pemasangan lapangan dengan sistem interlocking juga dinilai tidak memakan waktu yang lama, sehingga memudahkan proses instalasi.

Jenis-jenis interlock futsal

Interlock futsal sendiri memiliki beberapa jenis yang tersedia di pasaran. Sejumlah vendor menyediakan jenis-jenis interlock berdasarkan ukuran dan ketebalan yang berbeda.

Selain itu, perbedaan interlock futsal juga terletak pada harganya yang menyesuaikan dengan kondisi barang, seperti kualitas premium, bekas pakai (second), serta khusus untuk luar ruangan (outdoor).

Jenis interlock futsal premium

Untuk interlock premium bisa dibilang tidak ada keraguan akan kualitasnya. Karena produk benar-benar masih baru sehingga tidak ada catatan minor, serta spesifikasi masih bisa diunggulkan.

Biasanya, interlock premium memiliki ukuran 25x25 cm per blok, dengan ketebalan 10 mm. Dengan spesifikasi itu kualitas lapangan disebut dapat memudahkan mobilitas pemain.

Untuk setiap pembelian, biasanya akan dilengkapi dengan 2 spon under layer dan 6 lakban untuk garis lapangan.

Sedangkan untuk berat lapangan sendiri, interlock futsal premium berkisar 210-215 gram.

Jenis interlock futsal second

Lalu ada interlock futsal bekas pakai atau second. Kondisinya hanya terlihat berbeda karena bekas pemakaian, namun secara spesifikasi kurang lebih masih sama dengan yang baru.

Khusus untuk jenis ini, perlu ketelitian memeriksa kondisi barang sebelum dibeli. Pastinya ada sedikit kekurangan karena bekas pemakaian sebelumnya yang bisa jadi mengurangi kualitas interlock.

Jika kondisinya masih bagus, maka tidak ada salahnya untuk dibeli kendati dalam status second hand dari pemakaian sebelumnya. Bahkan jika beruntung, harga belinya akan jauh lebih murah dari yang baru.

Karena kondisinya yang bekas pakai, tentunya akan memengaruhi beratnya di mana ditaksir sekitar 195-200 gram per blok.

Jenis interlock futsal outdoor

Terakhir ada jenis interlock futsal outdoor yang memang dikhususkan untuk lapangan luar ruangan.

Bahannya dinilai lebih kuat dan tahan lama karena didesain untuk berhadapan langsung dengan paparan sinar matahari maupun hujan.

Dengan ketebalan 12 mm dan lebar ukuran 25x25 cm membuat pergerakan pemain menjadi lebih gesit saat bermain pada karekteristik lapangan jenis ini.

Berat interlock futsal outdoor diperkirakan sekitar 178-185 gram per blok. Dengan spesifikasi itu, bahan interlock akan mampu bertahan di tengah kondisi cuaca apapun.

Demikian penjelasan tentang pengertian interlock futsal, lengkap dengan jenis-jenisnya yang tersedia di pasaran.

Dengan begitu, Anda bisa bisa memilih jenis lapangan mana yang akan dipilih sebagai dasar landasan lapangan untuk menggelar pertandingan sepak bola mini itu.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close