TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

5 Jajanan Khas Bogor yang Melegenda, Sudah Coba Apa Saja?

5 Jajanan Khas Bogor yang Melegenda, Sudah Coba Apa Saja?
Ikon Tugu Kujang Kota Bogor.

TAJAM.net - Saat ke Bogor, belum lengkap jika belum mencicipi lezatnya beragam jajanan khas daerah yang dikenal sebagai kota hujan itu.

Sejumlah jajanan khas Bogor tersebut bahkan sudah ada sejak jaman dahulu. Sehingga keberadaannya cukup melegenda jika masih ditemukan hingga hari ini.

Dikutip dari Moccaapedia, berikut ini 5 jajanan khas Bogor yang melegenda. Selain memiliki rasa yang enak, juga bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

Lantas, apa saja jajanan khas Bogor yang melegenda itu? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Bajigur

Bajigur masuk ke daftar pertama sebagai jajanan khas Bogor yang melegenda. Betapa tidak, namanya bahkan sudah dikenal sampai seantero negeri karena mudah dijumpai di berbagai daerah lain.

Bajigur, minuman tradisional khas Bogor yang melegenda
Bajigur, minuman tradisional khas Bogor yang melegenda.

Sebenarnya, Bajigur merupakan minuman tradisional yang berasal dari kalangan masyarakat Sunda. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bajigur antara lain santan kental, campuran gula aren, jahe, bubuk vanili, dan sedikit garam.

Dengan perpaduan bahan-bahan itu, Bajigur akan memberikan efek kehangatan pada tubuh usai diminum.

2. Es Pala

Masih bertema minuman, jajanan khas Bogor selanjutnya ada Es Pala yang juga sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas.

Uniknya, Es Pala memiliki rasa yang asam namun menyegarkan. Kendati demikian, rasa asam yang dimunculkan semakin lengkap karena berpadu dengan rasa manis dari gula yang ditambahkan dengan porsi pas.

Biasanya, Es Pala hanya dijual seharga Rp 5.000 saja per cup.

3. Mie Glosor

Untuk yang satu ini masuk kategori kuliner khas Bogor yang memiliki citarasa nikmat juga mengenyangkan. Namanya Mie Glosor, yang dulunya kerap dikenal sebagai hidangan buka puasa favorit kalangan Muslim di Bogor.

Keunikan Mie Glosor adalah warnanya yang kuning bukan karena pewarna buatan, tetapi hasil dari larutan kunyit yang dicampurkan saat pembuatan adonan tepung.

Saat dihidangkan dalam keadaan panas, maka akan semakin lezat jika ditambahkan toping maupun lauk telor ceplok di atasnya.

4. Makaroni Panggang

Saat bersantai bersama kawan, kerabat, maupun keluarga, Makaroni Panggang bisa jadi teman setiap yang melengkapi suasana ngobrol.

Makaroni Panggang khas Bogor
Makaroni Panggang memiliki rasa yang lezat selagi dinikmati saat masih hangat.

Selain itu, Makaroni Panggang juga bisa jadi oleh-oleh saat liburan ke Bogor untuk dibawa pulang karena banyak di antaranya dikemas secara higienis.

Sepintas, tampilan Makaroni Panggang khas Bogor ini mirip dengan Makaroni Schotel. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, terlebih ada banyak varian rasa yang disajikan, seperti jamur dan daging.

5. Bolu Lapis Sangkuriang

Sama halnya dengan Makaroni Panggang, Bolu Lapis Sangkuriang juga bisa menjadi oleh-oleh saat berwisata di Bogor.

Keunikan dari bolu ini adalah tampilan warnanya yang menarik, serta keharuman adonan saat dinikmati semakin menggugah selera.

Teksturnya yang empuk dan lembut jelas akan membuat lidah termanjakan sehingga menjadi ketagihan.

Itulah kelima jajanan khas Bogor yang sayang jika dilewatkan saat berada di kota hujan tersebut.

Selain dari yang telah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak daftar jajanan khas Bogor lain yang belum dituliskan. Namun, setidaknya Anda mencoba dahulu rekomendasi kuliner khas Bogor tersebut saat berada di kawasan itu. Bagaimana, tertarik untuk segera mencobanya?



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close