TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

7 Tips Membeli Laptop Asus untuk Pelajar

7 Tips Membeli Laptop Asus untuk Pelajar
Asus Vivobook Go 14 menjadi salah satu rekomendasi laptop terbaik untuk pelajar. (Dok. Asus.com)

TAJAM.net - Membeli laptop untuk keperluan belajar adalah investasi penting bagi pelajar. Laptop yang tepat dapat membuat proses belajar lebih efisien dan menyenangkan.

Namun, dengan begitu banyak pilihan di pasaran, memilih laptop yang sesuai bisa menjadi tugas yang menakutkan.

Salah satu pilihan laptop 10 jutaan untuk pelajar adalah laptop Asus, tepatnya Asus Vivobook Go 14.

Laptop ini punya banderol harga yang terjangkau, namun menawarkan spesifikasi dan performa yang mengesankan.

ASUS Vivobook Go 14

Jika Anda mencari laptop untuk pelajar, Asus Vivobook Go 14 ini bisa jadi pilihan yang pas. Dari segi performa, laptop Asus ini dibekali dengan prosesor up to AMD Ryzen 5 dan dikombinasikan dengan GPU AMD Radeon Graphics. Sedangkan dari segi RAM, terdapat pilihan up to 16GB RAM serta storage up to 516GB SSD.

Untuk layarnya, terpasang layar berukuran 14 inch yang sudah Full HD (1920x1080) dan kamera dengan resolusi 720p HD with Privacy Shutter. Agar bisa bertahan seharian, terpasang baterai 42Whrs.

Selain itu, Anda pun tidak akan merasa berat saat membawa laptop ini ke sekolah atau kerja kelompok, karena bobotnya hanya 1.38 kg saja.

7 tips memilih laptop untuk pelajar

Sebelum membeli laptop, sebaiknya pertimbangkan 7 hal berikut agar laptop yang dibeli bisa sesuai dengan kebutuhan. Utamanya bagi pelajar yang ingin piranti terbaik dalam mendukung aktivitas belajar mereka.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Langkah pertama dalam memilih laptop adalah mengidentifikasi kebutuhan spesifik Anda. Bagi pelajar, kebutuhan tersebut bisa bervariasi berdasarkan jurusan atau tingkat pendidikan.

Misalnya, jika Anda sedang mempelajari jurusan desain grafis mungkin memerlukan laptop dengan spesifikasi grafis yang lebih tinggi, sementara pelajar jurusan sastra mungkin lebih memerlukan laptop dengan keyboard yang nyaman untuk mengetik.

2. Anggaran

Tentukan anggaran Anda. Laptop tersedia dalam berbagai kisaran harga, dari yang ekonomis hingga yang mahal.

Menetapkan anggaran bisa membantu menyaring pilihan dan membuat pencarian lebih terfokus.

3. Spesifikasi teknis

Prosesor: Ini adalah otak dari laptop. Intel dan AMD adalah dua produsen utama. Untuk tugas-tugas umum seperti browsing web dan pengolahan kata, prosesor menengah seperti Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3 sudah cukup. Untuk tugas yang lebih berat seperti pengeditan video atau gaming, pertimbangkan Intel Core i5 atau lebih tinggi, atau AMD Ryzen 5 atau lebih tinggi.

RAM (Random Access Memory): RAM mempengaruhi seberapa banyak tugas yang bisa dijalankan laptop secara bersamaan. Untuk penggunaan dasar, 4GB mungkin cukup, tetapi 8GB adalah pilihan yang lebih baik untuk kinerja yang lebih lancar. Untuk tugas berat, pertimbangkan 16GB atau lebih.

Jenis penyimpanan: SSD (Solid State Drive) menawarkan kecepatan baca/tulis yang lebih cepat dibandingkan HDD (Hard Disk Drive) dan membuat laptop lebih cepat secara keseluruhan. Kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan tergantung pada seberapa banyak file yang ingin disimpan. 256GB biasanya cukup untuk kebanyakan pelajar, tetapi jika Anda merencanakan untuk menyimpan banyak file video atau game, mungkin perlu lebih besar.

Ukuran layar: Ukuran layar biasanya berkisar dari 11 hingga 17 inci. Layar yang lebih besar mungkin lebih nyaman untuk dilihat, tetapi juga membuat laptop lebih berat dan kurang portabel.

Kualitas layar: Resolusi setidaknya 1080p (Full HD) direkomendasikan untuk kenyamanan mata. Jika Anda akan menghabiskan waktu lama di depan layar, pertimbangkan layar dengan perlindungan mata atau teknologi pengurangan cahaya biru.

Daya tahan baterai: Sebagai pelajar, Anda mungkin perlu menggunakan laptop di kelas atau perpustakaan tanpa akses ke stopkontak. Pilih laptop dengan daya tahan baterai yang baik, setidaknya 6 jam penggunaan normal.

4. Ukuran dan berat

Jika Anda berencana membawa laptop ke kampus atau sekolah, pertimbangkan berat dan ukurannya.

Laptop yang ringan dan tipis lebih mudah dibawa, tetapi sering kali lebih mahal.

5. Sistem Operasi (Operating System/OS)

Pilihan sistem operasi (OS) termasuk Windows, macOS, dan Linux. Windows adalah pilihan yang paling serbaguna, mendukung berbagai aplikasi dan permainan.

macOS, yang digunakan pada semua Mac, dikenal dengan ekosistemnya yang terintegrasi dengan baik, sedangkan Linux lebih disukai untuk kestabilan dan keamanannya.

6. Merek dan garansi

Pilih merek yang memiliki reputasi baik untuk kualitas dan layanan purna jual. Juga, periksa garansi yang ditawarkan.

Garansi yang lebih panjang dapat memberikan ketenangan pikiran tambahan.

7. Fitur tambahan

Keyboard: Untuk pelajar yang banyak mengetik, keyboard yang nyaman dan responsif adalah penting. Keyboard dengan lampu latar bisa berguna untuk mengetik di malam hari. Asus Vivobook Go 14 sudah dilengkapi dengan fitur ASUS ErgoSense keyboard, membuat Anda dapat mengetik secara nyaman.

Port dan konektivitas: Periksa port yang tersedia, seperti USB, HDMI, dan pembaca kartu. Juga, pertimbangkan konektivitas nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Berikut ini port yang ada di Asus Vivobook Go 14:

  • 1x USB 2.0 Type-A
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
  • 1x HDMI 1.4
  • 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • 1x DC-in

Fitur Keamanan: Fitur seperti pembaca sidik jari atau pengenal wajah bisa menambah lapisan keamanan tambahan. Asus Vivobook Go 14 sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari bawaan yang berada di touchpad, serta fitur Windows Hello.

Membeli laptop yang tepat adalah tentang menemukan keseimbangan antara kebutuhan, anggaran, dan preferensi pribadi. Sebagai pelajar, fokuskan pada apa yang Anda butuhkan untuk kegiatan belajar Anda, dan jangan tergoda oleh spesifikasi yang tidak perlu. 

Dengan riset dan pertimbangan yang tepat, Anda dapat menemukan laptop Asus yang tidak hanya mendukung kegiatan akademis Anda tetapi juga tahan lama dan dapat diandalkan.


(*Adv)

Advertisement
Advertisement

Advertisement

Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.