TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Perhatikan 6 Hal Ini untuk Membedakan Baterai Laptop Asli dan Palsu, Biar Ngga Ketipu Waktu Mau Beli

Perhatikan 6 Hal Ini untuk Membedakan Baterai Laptop Asli dan Palsu
Cara mengenali baterai laptop asli dan palsu sangat penting bagi konsumen, agar tak tertipu produk abal-abal saat hendak membelinya.

TAJAM.net - Baterai laptop adalah salah satu komponen penting yang menentukan daya tahan laptop. Jika baterai laptop rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka laptop akan sulit digunakan secara portabel.

Oleh karena itu, penting untuk memilih baterai laptop yang asli dan berkualitas. Karena dengan produk baterai yang asli, keawetan daya laptop juga akan bertahan lebih lama sesuai kapasitasnya.

Sayangnya, di pasaran banyak beredar baterai laptop palsu yang kualitasnya jauh di bawah baterai asli.

Baterai laptop palsu biasanya memiliki harga yang lebih murah, tetapi memiliki kualitas yang buruk.

Baterai laptop palsu juga umumnya tidak tahan lama dan berpotensi merusak laptop. Karenanya perlu mewaspadai keberadaan barang palsu tersebut saat hendak membelinya, terlebih ketika dibeli secara online.

Untuk menghindari membeli baterai laptop palsu, Anda perlu mengetahui cara membedakan baterai laptop asli dan palsu tersebut.

Dalam artikel ini dijelaskan, ada 6 hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat membedakan baterai laptop asli dan palsu, sehingga tidak tertipu produk abal-abal ketika ingin membeli atau mengganti baterai laptop.

Cara membedakan baterai laptop asli dan palsu

Setidaknya ada 6 poin yang bisa menjadi pedoman dalam memilih baterai laptop. Keenam hal tersebut menjadi upaya paling awal sebelum membeli produk, baru kemudian memikirkan bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet setelah dibeli.

Karena dengan produk asli, maka ketahanan kualitas baterai laptop dapat dipertanggungjawabkan sehingga daya laptop bisa berumur panjang.

Simak, 6 hal yang harus diperhatikan untuk mengecek keaslian baterai laptop dari beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut:

1. Kemasan produk (packaging)

Kemasan baterai laptop asli biasanya memiliki kualitas yang baik dan rapih. Sebaliknya, kemasan baterai laptop palsu biasanya memiliki kualitas yang buruk dan tidak rapi.

Kemasan baterai laptop asli biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas dan memiliki desain yang menarik. Sementara kemasan baterai laptop palsu biasanya terbuat dari bahan yang murah dan memiliki desain yang sederhana.

Untuk memeriksa kualitas kemasan, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kualitas bahan
  • Ketebalan bahan
  • Kerapian jahitan
  • Kelengkapan informasi

2. Kode serial number (S/N)

Baterai laptop asli biasanya memiliki kode serial number atau S/N yang unik. Anda bisa mengecek kode S/N tersebut di situs resmi produsen baterai laptop.

Untuk diketahui, kode S/N merupakan nomor unik yang diberikan pada setiap produk.

Anda bisa mengecek kode S/N tersebut di situs resmi produsen baterai laptop. Jika kode S/N tidak terdaftar di situs resminya, maka baterai tersebut bisa dipastikan palsu.

Cara membedakan baterai laptop asli dan palsu
Dengan mengetahui cara membedakan baterai laptop asli dan palsu, maka akan terhindar dari produk abal-abal di pasaran.

3. Logo dan merek

Logo dan merek baterai laptop asli biasanya memiliki kualitas yang baik dan jelas. Sedangkan logo dan merek baterai laptop palsu biasanya memiliki kualitas yang buruk dan tidak jelas.

Untuk memeriksa kualitas logo dan merek baterai laptop apakah asli atau palsu, perhatikan hal-hal berikut:

  • Ketebalan logo dan merek
  • Kejelasan logo dan merek
  • Keseragaman logo dan merek

4. Berat baterai laptop

Baterai laptop asli biasanya relatif lebih berat ketimbang yang palsu. Hal ini sebagai indikasi awal untuk menilai bahwa produk tersebut memiliki spesifikasi yang tinggi.

Untuk memeriksa berat baterai, Anda bisa menimbangnya menggunakan timbangan digital atau alat pengukur berat lainnya. Bila perlu bandingkan lebih dari satu produk agar mengetahui mana yang terindikasi palsu dan asli.

5. Daya tahan baterai

Baterai laptop asli pasti memiliki daya tahan yang lebih lama ketimbang baterai laptop palsu. Hal ini mutlak dan tidak dapat diperdebatkan.

Karena setiap produsen elektronik, khususnya yang memproduksi baterai laptop, pastinya akan memprioritaskan kualitas baterai demi kenyamanan konsumen mereka.

Baterai laptop asli juga dipastikan diproduksi dengan komponen yang berkualitas, serta dirancang dengan tingkat ketelitian yang tinggi 

Untuk memeriksa daya tahan baterai, Anda bisa menggunakannya selama beberapa minggu atau bulan. Jika baterai cepat habis, maka baterai tersebut kemungkinan palsu.

6. Garansi produk resmi

Baterai laptop asli biasanya memiliki garansi yang lebih lama daripada baterai laptop palsu. Bahkan tak jarang produk palsu tidak mendapatkan garansi apapun karena toko yang menjual tidak dapat menjamin keaslian produk, atau tidak terafiliasi dengan produsen resminya.

Untuk memeriksa garansi, Anda bisa membaca informasi garansi yang tertera pada kemasan baterai.

Produsen baterai laptop asli tentu memiliki kepercayaan diri terhadap kualitas produknya. Sehingga berani menggaransi pembelian produk oleh konsumennya dengan durasi yang lama.

Dengan memperhatikan 6 hal tersebut, Anda bisa membedakan baterai laptop asli dan palsu dengan mudah.

Dengan membeli baterai laptop asli, Anda bisa mendapatkan baterai yang berkualitas dan tahan lama.

Sebagai informasi tambahan, penting juga untuk Anda ketahui kiat khusus untuk menghindari baterai laptop palsu dengan beberapa kiat berikut;

  • Belilah baterai laptop dari toko atau distributor resmi.
  • Pastikan baterai laptop memiliki garansi yang valid.
  • Bacalah ulasan dari pembeli lain sebelum membeli baterai laptop.

Semoga tips di atas bisa menghindarkan Anda dari produk baterai laptop palsu, atau setidaknya bisa mengenali mana antara produk yang asli dan yang palsu saat ingin membeli baterai laptop.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close